Pandaya's Blog

Keadilan dan Seandainya….

Posted on: December 9, 2009

Terinpirasi dari sebuah buku yang berjudul Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere-Liye membuat saya menemukan sejumlah pembelajaran.

Pernahkan kita bertanya :

Apakah hidup ini adil?

Kenapa kita selalu mengalami kejadian buruk dalam hidup?

Apa alasan Tuhan membuat kita mengalami semua ini?

 

Saya jadi bertanya seandainya smua pertanyaan dalam hidup kita bisa terjawab, apakah hidup akan jadi lebih baik?? Apakah kita akan jadi lebih tenang?? Semuanya itu tetap hanya berupa pertanyaan “seandainya”. Dan tidak semua orang beruntung untuk menemukan jawaban atas pertanyaan2 dalam hidupnya…

Lalu apa yang bisa kita lakukan, apakah kita akan mengutuk hidup untuk hal2 yang tidak bisa kita atur dan menyalahkannya untuk smua kejadian buruk yang menimpa kita??? Atau kita akan mensyukuri dan menjalaninya dengan penuh suka cita untuk smua hal yang terhampar di depan kita???

Mungkin benar hidup kita smuanya adalah pilihan. Dan pilihan2 itulah yang akan menentukan akan ke dan jadi apa hidup kita nantinya. Jadi baik atau buruk, jadi sukses atau gagal. Semua itu adalah pilihan kita sendiri. Karena jika kita mengusahakan baik, maka yang kita dapat adalah juga kebaikan dan begitu pula sebaliknya. Terlepas dari semua rencana kita berjalan sesuai dengan rencana atau tidak, kebaikan akan selalu membawa ke kebaikan yang lain. Semua orang diberi kesempatan untuk menangis agar tahu enaknya sebuah tawa, merasakan sedih untuk tahu indahnya kebahagiaan, dan apa yang tidak bisa membunuhmu tentu akan membuatmu jadi labih kuat.

Dan juga percayalah hidup itu adil, meskipun kita terkadang tidak tahu di mana letak keadilannya tapi percayalah bahwa sang pembuat hidup tidak pernah lalai untuk melihatnya. Yang perlu kita lakukan hanyalah berprasangka baik pada-Nya bahwa kita dijaga dan dikasihi-Nya, bahwa kita diberi hidup yang seadil2nya. Itu sudah cukup untuk membuat kita percaya bahwa hidup layak dijalani dan diperjuangkan dengan segala warna-warninya. Tapi terkadang tidak semua orang percaya bahwa hidup itu adil, mereka sibuk mencari hal2 yang jawabannya tidak terlihat sehingga lupa untuk memaknai hidup yang masih tersisa. Kita sibuk menyesali dan bukannya mensyukuri, sibuk mengutuk daripada memuji, dan sibuk menangis daripada membagi senyum. Maka dari itu dibutuhkan keikhlasan untuk menjalaninya, suatu hal yang sulit apalagi di masa2 buruk dalam hidup kita. Tapi sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Hidup kita adalah hak, tanggung jawab, dan kewajiban kita untuk mewarnainya, dengan warna yang indah ataupun tidak. Semuanya ada di tangan kita, dan semua hal yang terjadi itu ada bukan dengan sia2, semua ada alasannya. Entah itu untuk diri sendiri ataupun alasan itu untuk membantu hidup orang lain, yang digariskan melalui kita. Jadi jangan pernah berpikir bahwa apa yang kita lakukan di dunia ini adalah percuma dan tidak berguna, karena terkadang kau tidak tahu apa pengaruh tindakanmu untuk hidup orang lain. Bahkan sebuah tulisan juga bisa menjadi sebuah sumber inspirasi bukan??? Jadi jangan remehkan kemampuan dirimu untuk hidup di dunia ini. Tetaplah nikmati hidupmu selagi bisa, jalani dengan penuh kebaikan, dan kau akan rasakan betapa hidup itu indah.

Have a nice day today everyone ^_^

 

 

 

 

 

 

 

 

1 Response to "Keadilan dan Seandainya…."

dan itulah yang menjadikan kita cerdas dan kreatif agar bisa survive dalam hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


    • Asop: Hohoho, jelas banget, bener banget. :D Makanya, karena hidup ini indah, hidup ini harus dinikmati
    • didot: do the best,and let GOD take care the rest :) ... Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyuka
    • Cloud: heheh.. akhirnya blogger lama pada balik lagi.. :D
    %d bloggers like this: